Canyon of Fire canyon ekstreme di Bali

Ayo lompat massss Balung!!! Seru rama kepada Balung yang sedang berada pada tepian air terjun,  saat saya sudah bersiap membidik dengan kamera saya. Kolaman cantik pada air terjun itu memang membuat kami tak kuasa menahan untuk melompatinya.   

Salah satu wisata minat khusus yang sedang populer saat ini di Bali adalah canyoning atau juga dikenal dengan canyoneering, bagaimana tidak selain berbeda dengan wisata minat khusus lainnya aktivitas canyoning ini memanjakan pelakunya untuk bermain dengan air sungai di pegunungan nan bersih,sejuk dan segar, tidak hanya bisa bermain air dan berenang anda juga akan diajak untuk menuruni air terjun dengan serangkaian peralatan dan tali temali.


Rappeling


Bayangkan anda di gerojok dengan kesegaran air terjun pegunungan. sangatlah seru dan menyenangkan bukan? namun kebanyakan canyon tersebut adalah canyon untuk pemula, dengan tingkat kesulitan yang kecil Lalu bagaimana bila canyonnya adalah canyon yang ekstreme? canyon yang hanya bisa dilakukan oleh para penelusur yang mahir dan berpengalaman? apakah keseruannya akan berkurang ? atau malah lebih seru dan menegangkan?



Bersiap-siap


Selain pada tingkat kesulitannya, di canyon ini juga tidak adanya akses keluar selama penelusuran dan durasi yang di butuhkan untuk menuruni canyon ini adalah dua hari, serius?? Benar sekali di butuhkan dua hari untuk menuruni seluruh canyon ini, Namun canyon ini terbagi dua section jadi kita bias keluar jika sudah menyelesaikan tiap section nya. Tiap sectionnya Pada tiap penelusuran membutuhkan waktu sekitar Delapan hingga sepuluh jam.






Canyon of fire begitu para penelusur canyon menyebutnya atau oleh penduduk sekitar menyebutnya tukad api ( sungai api ), berada di 3 desa yaitu desa wanagiri, desa ambengan dan desa sambangan.kecamatan Sukasada kabupaten Bulelelng Bali. 3 desa cuyyy. Dengan panjang sekitar 4,2 km di ketinggian 885mdpl canyon of fire menawarkan keindahan tersembunyi di Bali, memiliki banyak sekali air terjun Dengan ketinggian bervariasi dari 7 hingga 50 m, canyon of fire menyajikan jalur canyon yang benar2 perawan tidak banyak orang yang bisa menelusuri canyon ini, selain hanya bisa di telusuri di musim kering durasi yang panjang akan membuat banyak orang berpikir ulang untuk menuruni canyon ini.




View di canyon


Untuk menelusuri canyon of Fire ini di perlukan trekking sekitar Tiga puluh menit ke start pointnya melewati Hutan banyuwana, perkebunan kopi dan cengkeh yang hijau memanjakan mata, melintasi dua sungai kecil dan rimbunnya pepohonan khas hutan tropis, Bila kita ingin menyelesaikan semua jalur canyon ini kita akan selesai di Air terjun Aling-aling salah satu air terjun paling terkenal di Kabupaten Buleleng, di atas Aling-aling ada juga kolam biru sering di sebut Blue Lagoon yang sangatlah populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.





Rappeling



Semua teknik di dalam canyon ini akan terpakai semua mulai dari berenang, climbing, rappelling/abseiling, sliding hingga jumping, tentunya sangat seru bagi yang sudah terbiasa dengan olahraga ini. Dengan aliran air yang deras canyon ini berada pada skala V4 A4 VI.( Tingkat kesulitan canyon ).





Bersiap rappeling



Untuk melakukan penelusuran canyon ini, memerlukan fisik yang sangat prima, pengetahuan dasar tentang canyoning dan usia minimal haruslah 17 tahun, karena di butuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang prima selama menuruni canyon ini.




Climbing down

Lamanya penelusuran juga di perlukan peralatan khusus canyoning yang baik, di perlukan wetsuit minimal 3mm ( yang di sarankan adalah 5mm ) karena kita akan berada di sungai 8 hingga 10 jam sehingga dengan memakai wetsuit yang sesuai akan mengurangi resiko Hypotermia, asupan makan dan minum yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga bisa menyelesaikan penelusuran dengan aman.




Rappeling kelima

Tak banyak canyoning operator yang menawarkan trip canyon ini, salah satu canyoning Operator yang menyediakan tour ini adalah Canyoning Bali Selain berpengetahuan tentang aktivitas canyoning, Canyoning Bali memiliki pemandu yang berpengalaman dan mengenal betul canyon ini.




canyoneer



Sangat di sarankan untuk mencoba canyon-canyon dengan tingkat kesulitan yang di sesuaikan dengan kemampuaan and Sebelum mencoba canyon of fire.
Jadi, kapan anda mau main canyoning???



Rappeling kedua


Jernihnya air canyon



Rappeling kedua




Mengagumi air terjun



Rama menikmati keindahan air terjun bertingkat



Balung on duty


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer